Korea Selatan kehilangan Sung Ji Hyun

Jakarta (ANTARA) – Tunggal putri andalan Korea Selatan Sung Ji Hyun menarik diri dari Kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudirman yang akan berlangsung 19-26 Mei di Nanning, China karena cedera pergelangan tangan.

Dikutip dari laman Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF), Rabu, Sung membutuhkan dua sampai tiga minggu untuk sembuh dari cederanya itu.

Absennya Sung membuat tanggung jawab tunggal putri juara bertahan Korsel akan jatuh pada remaja berusia 17 tahun An Se Young dan Kim Ga Eun.

Korsel berada dalam Grup 1C bersama Taiwan dan Hong Kong.

An Se Young adalah juara di Selandia Baru pekan lalu setelah mengalahkan mantan juara Olimpiade Li Xuerui pada final.

Sedangkan penampilan terbaik Kim Ga Eun musim ini adalah memenangi Lingshui China Masters pada Maret lalu. Ia juga memaksa Carolina Marin bermain tiga gim pada Indonesia Masters.

Korea mempunyai beberapa pemain yang membawa timnya meraih kemenangan di Gold Coast, meskipun beberapa pasangan telah diubah.

Baca juga: PBSI umumkan skuat Indonesia di Piala Sudirman 2019

Chae YuJung, misalnya, yang memenangi final ganda campuran bersama Choi Solgyu, telah membangun pasangan yang sukses bersama Seo Seung Jae. Choi sendiri telah berpasangan dengan pemain yang berbeda-beda.

Korea mempunyai pemain-pemain ganda putri yang kuat seperti Chang Ye Na, Shin Seung Chan, Kim So Yeong dan Kong Hee Yong.

Tunggal putra akan mengandalkan Heo Kwang Hee dan Lee Dong Keun.

Sementara itu, Taiwan mempunyai tim yang seimbang, dengan pemain tunggal yang kuat, Chou Tien Chen, Wang Tzu Wei dan Tai Tzu Ying, serta pemain ganda seperti Wang Chi-Lin, Lee Yang, Lu Ching Yao, Yang Po Han dan lainnya.

Kekhawatiran mereka saat ini hanyalah ganda putri. Pasangan peringkat 40 dunia Hsu Ya Ching dan Hu Ling Fang tidak ada dalam daftar pemain mereka, namun peringkat 44 Chang Ching Hui/Yang Ching Tun masuk dalam tim.

Adapun Hong Kong mempunya beberapa nama besar seperti Ng Ka Long Angus (tunggal putra) dan Tang Chun Man/Tse Ying Suet (ganda campuran).

Meskipun tidak satu pun ganda putra Hong Kong berada di peringkat atas (Yonny Chung/Tam Chun Hei adalah ganda putra berperingkat tertinggi di urutan 64), mereka punya beberapa pilihan di kelompok itu.

Baca juga: Susy Susanti: Indonesia berpeluang juara Piala Sudirman 2019

Berikut ini tim Piala Sudirman dari Grup 1C:

Korea:
Putra: Choi Solgyu, Heo Kwang Hee, Kang Min Hyuk, Kim Won Ho, Lee Dong Keun, Na Sung Seung, Seo Seung Jae
Putri: An Se Young, Chae YuJung, Chang Ye Na, Kim Ga Eun, Kim So Yeong, Kong Hee Yong, Shin Seung Chan

Taiwan:
Putra: Chou Tien Chen, Lee Yang, Liao Min Chun, Lu Ching Yao, Su Ching Heng, Tseng Min Hao, Wang Chi-Lin, Wang Tzu Wei, Yang Chih Chieh, Yang Po Han
Putri: Chang Ching Hui, Chen Su Yu, Hsieh Pei Shan, Liang Ting Yu, Pai Yu Po, Tai Tzu Ying, Wu Ti Jung, Yang Ching Tun

Hong Kong:
Putra: Yonny Chung, Law Cheuk Him, Lee Cheuk Yiu, Ng Ka Long Angus, Or Chin Chung, Tang Chun Man, Tam Chun Hei, Yeung Shing Choi
Putri: Chau Hoi Wah, Cheung Ngan Yi, Ng Tsz Yau, Ng Wing Yung, Tse Ying Suet, Yeung Nga Ting, Yip Pui Yin, Yuen Sin Ying

Baca juga: Menpora optimistis PBSI akan berjuang maksimal di Piala Sudirman

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019