Ganda putra miliki strategi khusus di ajang Piala Sudirman

Jakarta (ANTARA) – Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memiliki strategi khusus menghadapi kejuaraan dunia bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman yang akan digelar di Nanning, China, 19-26 Mei 2019.

“Lihat video pemain pasti. Kita ada timnya, itu lumayan pengaruh. paling tidak kita tahu kelemahan dan kelebihan (lawan), seperti ada ancang-ancang bagaimana permainan lawan,” ujar Fajar ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis.

Selain itu, kata Fajar, semua yang terlibat juga harus meningkatkan kekompakan, tidak hanya dengan pasangannya, tetapi juga dengan para pemain di sektor lain.

“Karena ini pertandingan beregu, kekompakan harus lebih baik karena kita tidak bermain perorangan. Menjaga kekompakan dengan ngobrol bareng sama pemain lain, juga harus banyak diskusi dengan pemain,” kata Fajar.

Ia juga optimistis sektor ganda putra akan menyumbang poin untuk tim Indonesia. “Ganda putra harus sumbang poin dan kita optimistis menyumbang poin,” ujar dia.

Sementara itu, pemain ganda putra Indonesia lainnya Mohammad Ahsan mengantisipasi performa dari tim Denmark dan Inggris.

“Selain Denmark, Inggris juga bagus, saya berharap siapapun yang diturunkan harus siap,” kata Ahsan.

Senada dengan Fajar, Ahsan mengatakan kekompakan adalah kunci dalam menghadapi Piala Sudirman mendatang.

“Persiapan tinggal sepekan lagi, tinggal jaga kondisi dan menguatkan otot, yang penting jaga kondisi. Kita juga harus menjaga kekompakan. Persiapan dari sektor masing-masing sudah maksimal, yang penting kompak, saling mendukung satu sama lain,” ujar Ahsan.

Indonesia berada dalam Grup 1 bersama 11 negara lainnya yang terbagi dalam empat subgrup masing-masing Grup 1A: Jepang, Thailand, Rusia. Grup 1B: Indonesia, Denmark, Inggris, Grup 1C: Taiwan, Korea, Hong Kong, dan Grup 1D: China, India dan Malaysia.

Untuk sektor ganda putra, pada babak grup Indonesia akan menghadapi ganda Denmark dan Inggris. Pada Piala Sudirman 2019, Denmark akan diperkuat pasangan peringkat delapan dunia Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen serta pemain ganda senior Mathias Boe.

Sementara Inggris membawa pasangan ranking 17 dunia yang juga peraih medali perunggu Olimpiade Brasil Marcus Ellis dan Chris Langridge.
   

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019